NEW NORMAL KOPDAR ... SUDAH SIAPKAH ???




Pada masa pandemi ini, Pengurus KCS berinovasi dan berusaha tetap komunikatif di internal pengurus melalui penggunaan teknologi IT yaitu rapat online dengan aplikasi zoom.

Kesempatan kali ini kami mencoba menganalisa New Normal Kopdar dengan subtema sebagai berikut :
❑ KOPDAR DENGAN KENORMALAN BARU
❑ PROTOKOL PENCEGAHAN DALAM NEW NORMAL
❑ EVALUASI KOPSAN KCS SABTU 13 JUNI
❑ PERBANDINGAN NEW NORMAL KOPDAR KLUB MOTOR LAIN DALAM NAUNGAN          SURABAYA HONDA COMMUNITY (SHC)
❑ KESIMPULAN

I. KOPDAR DENGAN KENORMALAN BARU 
Sudah siapkah menjalani "KOPDAR DENGAN KENORMALAN BARU (NEW NORMAL)?" 

1. ATURAN NEW NORMAL DITERAPKAN AGAR KEHIDUPAN SOSIAL DAN PEREKONOMIAN BISA BERJALAN.              
 Alasannya, jika kita menunggu vaksin dan obat COVID-19 ditemukan baru berkegiatan di luar rumah, hal itu dikhawatirkan akan menimbulkan dampak yang lebih dalam baik dalam ekonomi maupun kehidupan sosial. Pasalnya, kita tidak tahu kapan vaksin COVID-19 akan ditemukan.

2. BAGAIMANAKAH PANDUAN NEW NORMAL? 
Pemerintah Indonesia telah menyatakan bahwa kehidupan harus berjalan meski virus corona ada di sekitar kita. Sehingga, pemerintah pun menyarankan kita agar BERDAMAI DAN HIDUP BERDAMPINGAN DENGAN VIRUS CORONA. Untuk itu, siap tidak siap, kita perlu menyiapkan diri menjalani sejumlah panduan dan protokol ketika kopdar. Panduan atau "PROTOKOL KESEHATAN INI AKAN MENJADI KEBIASAAN-KEBIASAAN BARU YANG AKAN KITA JALANI SETIAP HARINYA UNTUK MENCEGAH PENULARAN DAN PENYEBARAN VIRUS CORONA, NAMUN TETAP BISA PRODUKTIF"  Apa yang perlu diketahui soal new normal di Indonesia?  Bagaimana kita mempersiapkan diri menghadapi kenormalan baru?

 3. APA ITU NEW NORMAL?
 Melihat perkembangannya, banyak negara, termasuk Indonesia, memutuskan harus segera memulai kembali aktivitas di segala bidang dengan penyesuaian dan protokol baru untuk menekan risiko penularan dan penyebaran virus corona. Protokol yang ditetapkan ini menerapkan sejumlah kebiasaan-kebiasaan baru dan penyesuaian. Inilah yang disebut sebagai kenormalan baru atau new normal.
Mengutip Kompas, pada Mei 2020, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menyatakan bahwaNEW NORMAL ADALAH PERUBAHAN PERILAKU UNTUK TETAP MENJALANKAN AKTIVITAS NORMAL, TETAPI DENGAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK MENCEGAH TERJADINYA PENULARAN COVID-19".  Dalam new normal, PRINSIP UTAMANYA ADALAH PENYESUAIAN POLA HIDUP. Penyesuaian itu di antaranya protokol yang harus ditetapkan disesuaikan dengan kondisi kopdar, lokasi publik, dan sebagainya. Selain itu, tetap mengurangi kontak fisik dengan orang lain, dan menghindari kerumunan, serta menerapkan gaya hidup sehat.

II. PROTOKOL PENCEGAHAN DALAM NEW NORMAL 

Persiapan menghadapi new normal : Secara pribadi, PERSIAPKAN MENTAL untuk menerima segala perubahan kebiasaan yang akan terjadi. Semua orang diminta ber-PERILAKU HIDUP SEHAT dan memperhatikan PROTOKOL KESEHATAN pencegahan COVID-19 yang selama ini sering didengungkan.

PROTOKOL PENCEGAHAN DALAM NEW NORMAL
itu di antaranya:
1. Selalu menggunakan masker jika bepergian ke luar rumah.
2. Memahami etika batuk.
3. Tidak ke luar rumah jika tak memiliki kepentingan mendesak.
4. Rajin mencuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60%.
5. Tidak bertukar barang dengan orang lain di tempat kerja, misalnya membawa piring, gelas, dan sendok sendiri.
6. Menghindari  kerumunan.

Pastikan pula Anda menjaga kesehatan dengan menjaga imunitas tubuh, salah satunya dengan menjaga pikiran tetap positif dan hati gembira

( sumber : http://avrist.com/) 

III. EVALUASI KOPSAN KCS PADA SABTU 13 JUNI 2020 

Bagamana evaluasi kopsan KCS pada Sabtu 13 juni berkaitan dengan masalah new normal?
1. Masker : hampir semua tidak memakai masker saat kopdar
2. Jarak : tidak ada pembatasan jarak
3. Bersalaman tangan : hampir setiap saat dilakukan saat baru bertemu/datang
4. Apa ada yg flu batuk demam : banyak

“Jangan ada kopsan lagi sampe minimal 1 bulan ke depan. Klo mau tetap ada yo protokol kesehatan harus dijalankan...”, begitu celutuk dari Cak Roy, divisi Tatib KCS.
 Ditambahkan juga oleh bro Iman #275 (divisi sosial dan inventaris) : “ Jarak✖, Salaman✖, Angel nak iku.. Q setuju nak di tunda sek kopsan untuk 3-4 minggu, kecuali ono team seng bener2 ngatur pas kopdar !” 
Sebagai Ketua umum KCS, bro Yoni mempunyai pandangan bahwa untuk kopsan dan pertemuan lagi, akan ditunda sampai waktu yg tidak ditentukan. Dia berharap semoga pertemuan tadi malam (Sabtu 13 Juni 2020) kita masih diberikan kesehatan dan tidak terjadi apa-apa di kemudian hari. Kemudian ada juga bro Kukuh, Ketua Harian I KCS, mengatakan bahwa dari evaluasi itu kita coba buatkan standar new kopdar. Yang wajib itu masker, no handshake, gak boleh ada yang flu batuk demam saat kopdar. Klo perlu pengadaan thermo gun,tapi masih harus dibahas lagi. Dan sanitazer pribadi, serta tempat cuci tangan. “Susah, krn awal kebiasaan baru”, ujarnya



IV. NEW NORMAL KOPDAR KLUB MOTOR LAIN 

KOPDAR CBR CLUB INDONESIA (CCI) GRESIK PADA JUMAT 19 JUNI 2020

Di kopdar pertama bertempat di Roadway Coffee ini, protokol kesehatan seperti yang disampaikan pemerintah diterapkan.  




"Sesuai dengan anjuran pemerintah pada kopdar ini kita tegaskan ke anggota untuk memenuhi protokol kesehatan, " kata Hary Kurniawan selaku ketua CCI Gresik








Lebih lanjut Hary menambahkan. "Tujuan semua ini supaya kita tetap menjaga kesehatan masingmasing namun tetap bisa berkumpul demi hobi kita di masa pandemi seperti ini. Sudah 3 bulan tidak kopdar. Sudah lama ingin melepas rindu. Sudah lama motor tidak terpakai. Dan ketika era new normal sudah dimulai. Gaya kopdar kita yang harus menyusaikan dengan anjuran pemerintah. Intinya di dalam club yang hebat terdapat para rider yang sehat, " ujarnya.

PROTOKOL NEW NORMAL KOPDAR CCI  
1. Pakai masker
2. Diukur suhu badan
3. Cuci tangan
4. Tidak bersalaman
5. Jaga jarak
6. Bagi anggota yang tidak memenuhi syarat, tidak bisa ikut kopdar dan di minta pulang.
 Dalam kopdar perdana setelah wabah Corona ini diikuti 20 anggota.  (sumber : http://hondacommunityjatim.net/read/Event/23807-SOP-Kopdar-New-Normal-CCI-Gresik) (Video diambil dari https://www.instagram.com/tv/CBn8VefDaTU/?igshid=1qgzlfqxrdw4f


FORUM SHC (diambil dari whatsapp group SHC) Tanya : Bagaimana kegiatan kopdar ato kopsan dg protokol kesehatan?

SURABAYA PRO MAX CLUB (SPMC) :  sudah 2x tapi sekitar jam 22.00 - 23.00 ada penertiban disuruh bubar. Jadi bisa dikatakan belum kondusif

SCOOPY SURABAYA COMMUNITY (SSC) : Untuk jalan protokol masih belum bisa mas.jam 21.00 ke atas sudah disarankan untuk membubarkan barisan. Tapi Sabtu kmrn pindah kopdar di depan MPM Simpang aman sampai malam. Sekarang tempat kopdaran yg di jalan protokol dibuat kopdar sepeda onthel, lagi musim. jadi klu malam Minggu kayak tahun baru.

SBC : Trial kopdar di mie kober lidah kulon (foto)

KOENTOEL : saran saya sementara waktu untuk tidak kopdar





V. DISKUSI/KESIMPULAN 

1. Untuk sementara waktu KCS akan mengeluarkan surat pemberitahuan : KCS secara resmi tidak mengadakan kopdar atau acara lain sampai waktu yang tidak ditentukan (kecuali nanti ada petunjuk secara teknis dari ASFI, PHSJT maupun SHC)
2. Jika ada anggota, prospek, atau capros mengadakan acara kumpul atau kopdar, KCS tidak bertanggung jawab jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan
3. KCS menyarankan mereka yang tetap akan mengadakan kopsan atau kopdar, WAJIB menerapkan protokol kesehatan secara mandiri dengan mengikuti anjuran pemerintah yang sedang berlaku saat ini




Jadi, itulah hasil dari kegiatan Rapat dan Diskusi Pengurus online yang diadakan pada Minggu 28 Juni 2020 lalu.
Sampai bertemu kembali pada kegiatan-kegiatan online Pengurus KCS berikutnya.
Salam seduluran selawase...
ASFI sang pemersatu
PHSJT guyub rukun
KCS mbois....

No comments:

Post a comment

Berkomentarlah dengan sopan &; No SARA

SPONSOR

KCS STORE --> OLSHOPE RESMI KCS

OFFICIAL MERCHANDISE

Pages