JENIS BAN APA YANG COCOK UNTUK KITA



Produk ban motor saat ini makin banyak pilihan. Tak hanya ukuran, pattern (bentuk alur-red), sampai unsur-unsurnya pun beragam. Tak heran, banyak bikers ganti ban diluar dari ukuran yang direkomendasi. Tapi saya tidak akan membahas masalah ukuran disin,Karena itu masalah sensitif bagi penghobi modifikasi..😄

Jenis ban ada bermacam macam ,demikian juga perbedaan kompon, seperti aplikasi ban untuk harian,touring atau racing. Ban balap jika dipakai buat harian akan bermasalah kalau di kondisi jalan yang bercampur lumpur, genangan air dan pasir. Dan kegunaannya tidak akan bisa semaksimal ban harian. Soalnya patern atau pola si kulit bundar buat kompetisi enggak diperuntukan harian. Compound pun akan cepat habis. Berbeda dengan ban buat harian yang dirancang untuk penggunaan dalam jangka panjang.

Jenis ban dan kegunaannya :

1. Ban Jalan Raya Murni -(Standart )


Ban buat jalan raya atau harian. Nah kalo penggunaanya untuk aktifitas hari hari di kota, seperti ngantor, jalan-jalan ke mall, ngapelin pacar. Inilah ban yang cocok. Serba pas! Tapi namanya ban buat harian, nggak cocok dipake di trek meski oke juga dipake turing!

Alur ban relatif sedang
(Kompon) ban terbagi dua, bagian tengah (Sedang) bagian samping (keras)
Sangat baik digunakan di aspal jalan raya dengan kondisi normal

2. Ban Basah – (Balap Sirkuit)


Meski memiliki alur seperti ban off road atau ban jalan raya, jangan keliru. Ban ini  bisa dipakai di jalan raya dalam kondisi basah. karena ban ini akan sangat mudah menjadi panas karena memang diciptakan untuk mencari grip disaat hujan atau jalan basah.
Alur sangat banyak – maksimal
(Kompon) seluruh kompon sangat lunak
Meski seperti ban jalan raya namun hanya bisa digunakan di trek

3. Ban Semi Slick – Balap / Jalan Raya Kering (alternatif)


Ini merupakan ban stadar Superbike dan Supersport. Disebut ban semi slick. Karena memang sepintas seperti ban slik namun ban ini memiliki alur. Ban ini memang bisa dan untuk digunakan dalam balapan disirkuit. Dan juga dengan adanya alur, artinya ban bisa juga digunakan di jalan raya, tapi ingat komponenya sangat lunak jadi bukan keausan yang terjadi, namun paku payung pun bisa nancap di ban tipe ini.

Alur ban Minimal
(Kompon) seluruh kompon sangan lunak
Lebih cocok digunakan di track tetapi bisa digunakan di jalan raya dalam kondisi kering.

4. Ban Dual Purpose – Track – ( Touring )


Touring tentu identik dengan jarak tempuhnya yang jauh, dimana butuh ban untuk touring sehingga perjalanan akan nyaman dan aman. Biasanya untuk jenis ban motor ini menggunakan bahan karet yang keras dan daya tahannya yang kuat. Selain itu daya cengkram ban sangat kuat dan sangat cocok untuk digunakan pada keadaan udara yang dingin.Ban ini bisa digunakan di trek ataupun di jalan raya dengan kualitas sama baik antar keduanya.

Alur ban relatif sedang
(Kompon) terbagi dua, bagian tengah (Sedang) bagian samping (Lembut)
Relatif cukup baik digunakan di Track dan di jalan raya, meski tidak akan maksimal

5.Ban Slick – (Balap Sirkuit)


Ban Slick, siapa yang tidak tau ban jenis ini? ban ini hanya untuk balap dan harganya selangit. Tapi bila hobi ngetrek di sirkuit sentul pilihan terbaik adalah menggunakan ban ini. Tapi harus diinget, ban ini hanya bisa digunakan saat sirkuit dalam kondisi kering dan menggunakan tire warmer
Tidak memiliki alur
(Kompon) Amat sangat lunak
Hanya bisa digunakan di sirkuit dengan kondisi kering

Memilih ban motor yang tepat bisa juga dilihat dari kodenya . Baca juga kode produksi pada ban. Jangan sampai kalian membeli ban yang kadaluarsa. Biasanya pabrikan ban menuliskan 5 tahun setelah pembuatan sebagai tanggal kadaluarsanya.

Nah, udah pada tahu kan tips memilih ban motor yang tepat khususnya bagian ban luar.

Oh ya...gambar diatas hanyalah pemanis buatan ,tolong jangan diambil hati😄

No comments:

Post a comment

Berkomentarlah dengan sopan &; No SARA

SPONSOR

KCS STORE --> OLSHOPE RESMI KCS

OFFICIAL MERCHANDISE

Pages