APA YANG HARUS Di LAKUKAN JIKA MOTOR CB150R KITA OVERHEAT


Pernahkah anda mengalami mesin motor cepat panas secara berlebihan atau biasa sering kita dengar dengan istilah overheat ? Salah satu ciri motor mengalami overheat adalah tiba-tiba tidak bertenaga meski mesin masih menyala. Bahkan, motor tetap tidak berkutik saat gas ditarik semakin dalam. Tentu, kondisi ini akan sangat mengganggu, apalagi pengendara sedang berada di tengah kemacetan lalu lintas.

Overheat adalah tingkat suhu yang melewati batas normal pada komponen mesin. Secara teknis penyebab overheat ini lebih dikarenakan sirkulasi oli mesin yang terhambat, serta hilangnya pendingin pada kinerja mesin. Namun seiring dengan perkembangan teknologi mesin motor, untuk mesin motor Honda sudah ditanamkan beberapa sensor seperti ECU atau Electronic Control Unit yang menyelaraskan kinerja komponen pendingin mesin secara optimal.

Seperti diketahui, naiknya temperatur mesin dapat diketahui dari beberapa sebab namun cobalah untuk memperhatikan bagaimana saat sepeda motor CB150R Anda berjalan normal apakah indicator kembali normal? Jika demikian hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut

Pastikan kipas radiator berfungsi dengan baik (berputar).
Komponen ini berfungsi mengalirkan udara segar melewati sirip-sirip radiator dan mendinginkan suhu air radiator atau water coolant. Kipas radiator akan berputar sesuai instruksi dari sensor yang mengabarkan kalau mesin dalam kondisi panas berlebih. Jika motor Anda sudah tua dan tidak ada kipas radiator, sebaiknya segera pasang agar membantu pendinginan mesin.

Periksa Cairan Pendingin
Cairan pendingin ini lebih kenal dengan nama water coolant. Cairan ini didistribusikan ke radiator mesin untuk mendinginkan mesin motor ketika digunakan. Kejadian yang sering terjadi yaitu berkurang cairan pendingin ini, biasanya terjadi akibat tidak terkontrol oleh pengguna motornya. Padahal mengecek water coolant sangat disarankan, terlebih ketika dirasa motor sudah melakukan perjalanan yang cukup jauh.

Periksalah thermostat apa berfungsi dengan baik. Dimana fungsi termostat sebagai valve/katup jika mesin panas maka thermostat akan membuka dan mengalirkan sirkulasi air yang panas menuju radiator untuk didinginkan dan dikembalikan lagi ke mesin sehingga suhu mesin turun dan optimal.

Pastikan juga indicator temperatur berfungsi dengan baik.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan &; No SARA

SPONSOR

KCS STORE --> OLSHOPE RESMI KCS

OFFICIAL MERCHANDISE

Pages