Breaking News

7 TIPS PERAWATAN MESIN SEPEDA MOTOR



Pemeliharaan yang tepat dari mesin sepeda motor adalah kunci untuk agar motor kita bisa berumur panjang . Mengikuti jadwal pemeliharaan pabrikan untuk sepeda motor kita untuk memastikan mesin tetap terdengar langsam dan meningkatkan kinerjanya.
 Berikut ini tips yang akan membantu menjaga sepeda motor Anda agar kondisinya berjalan baik.

Oli mesin sepeda motor
Ganti oli mesin pada interval setiap 6 bulan atau 3.000 km. Fungsi utama oli mesin sepeda motor adalah bertindak sebagai pelumas. Minyak juga membantu mengurangi kebisingan mesin, menjaga bagian lain dari mesin Anda tetap sejuk dan merupakan seal untuk piston. Minyak harus memiliki konsistensi yang baik sehingga dapat berfungsi dengan baik. Oli tidak bisa begitu kental sehingga tidak bisa masuk dengan benar di antara bagian mesin yang bergerak ketat untuk pelumasan. Pada saat yang sama, Oli tidak dapat begitu encer sehingga tidak dapat memisahkan bagian-bagiannya. Jenis oli mesin yang Anda gunakan di sepeda motor Anda sama pentingnya dengan frekuensi di mana motor itu diubah.

Bahan Bakar Sepeda Motor
Jenis bahan bakar yang Anda masukkan ke sepeda motor Anda sangat penting untuk cara kerjanya. Karena malfungsi mesin tertentu, kadang-kadang diperlukan bahwa Anda menggunakan bahan bakar kelas yang lebih tinggi. Perlu diingat bahwa menggunakan bahan bakar kelas yang lebih tinggi demi peningkatan kinerja kadang tidak sepadan dengan kondisi mesin motor. Performa dan umur panjang tidak meningkat karena peningkatan oktan.Dengan kata lain pemakaian bahan bakar mahal seperti pertamax atau pertamax plus belum tentu cocok dengan mesin motor kita. Hanya gunakan tingkat bahan bakar yang direkomendasikan produsen.

Cairan Sepeda Motor ( Oli atau Air radiator )
Mengubah cairan motor Anda dengan panduan pabrikan sangat penting, terutama ketika sepeda motor Anda masih dalam garansi. Menggunakan cairan yang salah, seperti oli mobil, bukan oli yang direkomendasikan untuk sepeda motor jenis Anda, dapat membatalkan garansi Anda. Oli atau air radiator pengganti produsen dapat dibeli dari dealer .

Rantai Sepeda Motor
Periksa secara visual rantai Anda dua kali sebulan atau setiap 500-700 mil jika Anda bukan pengendara yang sering. Fungsi rantai Anda adalah untuk mentransfer daya dari mesin ke roda belakang. Rantai harus dibersihkan dan disesuaikan tergantung pada perjalanan Anda untuk menjaga operasi yang aman. Rantai yang rusak dapat menyebabkan kerusakan serius pada sepeda motor Anda dan bahkan melukai Anda sebagai pengendara.

 Busi Motor
Busi Anda sangat penting untuk kinerja keseluruhan sepeda motor Anda. Penting bahwa sebelum Anda melepas busi, gunakan sekaleng udara terkompresi untuk meniup lubang yang menjadi tempat steker. Ini akan menghilangkan kotoran dan kotoran dari lubang sehingga tidak ada yang jatuh ke dalam mesin saat steker dilepas.

Filter Udara Sepeda Motor
Jika filter udara pada sepeda motor Anda tersumbat dari kotoran dan debu, sepeda motor Anda tidak akan bisa bernafas dengan baik. Ini akan menyebabkan hilangnya daya dan kinerja di bawah standar dari sepeda motor Anda. Secara fisik lepaskan filter udara dan periksa apakah ada penyumbatan. Jika filter rusak parah, gantilah filter sesegera mungkin untuk mencegah masalah pemeliharaan lainnya.

Mesin sepeda motor, seperti kebanyakan mesin membutuhkan listrik untuk memulai. Karena itu, mesin sepeda motor juga mengharuskan baterainya ditanahkan dengan benar untuk bekerja. Ada beberapa alasan mengapa mesin tidak berfungsi dan salah satunya adalah koneksi kabel ground yang salah.

Baterai Sepeda Motor
Baterai sepeda motor adalah alat penting untuk fungsi mesin sepeda motor yang benar. Agar baterai berfungsi, elektron harus bergerak bebas dari baterai ke bagian yang membutuhkan listrik. Ini berarti harus terhubung dengan benar untuk memastikan aliran listrik ke terminal yang benar. Biasanya, baterai memiliki kawat berinsulasi besar yang menyediakan arus ke starter mesin. Kabel kembali tidak disediakan karena arus mengalir ke bingkai starter yang terhubung ke casing motor.

Kabel Ground
Kabel ground biasanya tidak memiliki koneksi langsung antara itu dan perangkat menggunakan listrik. Dalam hal starter, kabel ground baterai benar-benar terhubung ke frame starter dan tidak ke starter itu sendiri. Jadi biasanya, ketika membumikan mesin sepeda motor, pastikan bahwa kabel ground tidak terhubung langsung ke mesin tetapi ke casing mesin.


close