Breaking News

WASPADAI 5 HAL YANG AKAN MENJADI PENYEBAB HANCURNYA ORGANISASI



Mungkin bahasan ini sudah banyak diulas oleh orang, baik berupa cerpen atau artikel. Tapi tidak ada salahnya kalau saya refresh lagi agar kita bisa tetap waspada pada faktor penyebab hancurnya organisasi.

Ada beberapa faktor yang melatar belakangi  kehancuran organisasi, entah lembaga, kelompok maupun komunitas.

1.Organisasi tidak dibangun pada landasan pemikiran yang kokoh.
Semacam organisasi yang dibangun atas kefiguran seseorang. Bangunan organisasi seperti ini akan hanya berlangsung pada masa kepopuleran tokoh tersebut. Atau organisasi yang berorentasi pada materi, jadi organisasi tersebut  akan hilang jika tidak menghasilkan keuntungan dunia.

2. Tidak ada regenerasi. Sosok kader yang dibutuhkan untuk menjaga keberlangsungan organisasi
Sehebat atau sesolid apapun organisasi tetaplah membutuhkan Regenerasi atau Kaderisasi jika ingin berumur panjang.karena seiring bertambahnya usia, sedikit banyak akan mempengaruhi perilaku dan cara berfikir seseorang .Tapi bukan berarti organisasi yang hanya berpatok pada aspek kuantitas tidak ada kendala, organisasi yang memiliki banyak anggota dengan berbagai macam karakter orang bisa rawan konflik kepentingan, anggota-angota yang awam bisa rawan mendapatkan provokasi yang menyebabkan perpecahan organisasi itu sendiri.

3. Tergadai oleh pihak luar. 
Banyak organisasi yang hilang arah ketika tergadai pihak luar, dengan kata lain organisasi atau anggota organisasi tersebut terikat secara moril atau materi pada institusi atau perusahaan yang lebih mementingkan segi komersil untuk mencapai tujuannya baik politik maupun ideolagi lain. Organisasi ini menjadi mlempem, tidak jelas arah perjuangannya,. semua aspek penyebab kerusakan akan muncul jika sudah tidak lagi digunakan oleh institusinya, keterikatan itu bisa berbentuk kucuran dana , jaminan keamanan dan intimidasi kekuasaan. . Jadilah ia organisai yang diperalat kepentingan pihak lain. Apalagi jika pengurusnya menjual organisasi demi segebok rupiah.

4.Saling berebut pengaruh dalam organisasi yang bisa menyebabkan munculnya sayap-sayap gerakan terselubung sehingga berpotensi terjadinya perselisihan interen.

Sebuah kelompok/organisasi/pergerakan, apapun namanya, apabila memiliki loyalitas bercabang dan dikendalikan beragam kekuatan dan pemikiran atau tidak tunduk pada aturan organisasi (Ad Art,) dimana hati para personil dan para penanggung jawabnya tidak terhimpun pada seseorang yang dipercaya (pengurus / ketua), maka ia akan menjadi gerakan yang potensial melahirkan pertikaian, berebut pengaruh dan kekuasaan untuk meraih ambisi pribadi dan pengakuan serta popularitas.

5.Banyaknya parasit.
Organisasi yang tumbuh besar sangat menggiurkan dikalangan tertentu. Tentu dia akan memikirkan bagaimana cara menghasilkan keuntungan disana. Dia akan bergerak menyusup untuk mendapatkan simpati dan relasi. Secara pelan-pelan dia merangsek memperoleh nama di dalam organisasi, lalu mengambil kantong-kantong suara diberbagai pihak. Setelah mendapatkan pengaruh dia keluar dari organisasi ini , dan mendirikan organasisi tandingan dengan mengambili orang-orang dari organisasi sebelumnya.
Ibarat kata, dia menumpang perahu besar tapi dia merakit sekoci didalamnya, setelah jadi, dia kabur membawa penumpang.



close