Breaking News

MODIFIKASI VELG JARI JARI DAN MENGATASI KEKURANGANNYA



Velg jari jari sekarang ini sudah tidak kita jumpai pada motor motor baru keluaran pabrikan,mereka lebih memilih velg racing dibandingkan ruji. oleh karena itu banyak bikers yang memodivikasi sendiri velg mereka dengan part aftermarket,karena part orinya kurang menarik atau tidak sesuai dengan motor keluaran terbarunya.

Saya mengambil contoh anggota KOMUNITAS CB150R SURABAYA ber NRA 104 Agus Arifin,dia sengaja mengganti velg orinya dengan velg jari jari dengan alasan bahwa velg jari jari lebih kuat daya tahannya jika melewati jalanan yang tidak rata atau berlubang.selain itu velg jari jari bisa lebih ringan tarikannya jika dipasang ban besar dibandingkan bila menggunakan velg Ori bawaan motor, kalau ditimbang beratnya kira kira selisihnya 5 kg lebih ringan velg jari jari.

Kekuatan velg jari jari terletak pada ruji yang disusun dan distel sedemikian rupa sehingga bisa menahan beban serta meredam getaran pada velgnya.Oleh karena itu kenapa motor trail atau motor cross memakainya untuk menerjang jalanan yang ekstrim.
Tapi tentu saja disetiap kelebihan ada kekurangan.,velg jari jari tidak bisa dipakai ban tubles secara langsung jadi harus diakali sendiri menurut ide kreatifitas masing masing orang.

Disini akan saya bagikan info yang saya dapat dari tukang tambal ban tentang cara mengakali velg jari jari menjadi Tubles.

Siapkan bahan bahannya dulu

-Velg jari/ruji
-Ban dalam bekas
-Lem silikon/gasket
-Aplikator untuk meratakan
-Hair drier untuk mengeringkan
-Pentil tubless
-Ban luar tubless

Ikuti langkah langkahnya seperti berikut;

1.Langkah pertama gunting dulu ban dalam bekas dengan lebar menyesuaian lebar velg anda,pastikan panjang potongan  sedikit lebih kecil sehingga akan tertarik ketat saat dipasang.
2..Oleskan lem pada velg dengan rata melingkar velg
3.Tempelkan guntingan ban dalam yang telah diukur presisinya dengan velg
4.Keringkan dengan hair draiyer
5.pasang pentil tubles pada velg
6.pasang ban luarnya,saya sarankan untuk memakai cairan anti bocor agar jika ada lem yang terkelupas akan dapat ditutup oleh cairan tersebut.

close