Breaking News

JANGAN PANIK SAAT MOTOR CB150R ANDA MATI MENDADAK

PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MOTOR OLD CB150R 

Setiap motor pasti punya kelebihan dan kelemahan karena memang buatan manusia gak ada yang sempurna.
Kali ini saya mau cerita pengalaman pribadi dengan motor saya old cb150r . Karena background saya bukan orang mekanik jadi mungkin cerita saya ini pakai istilah orang awam.

Kalau melihat tahun pembuatannya di STNK motor saya diproduksi di tahun 2013 , jadi sudah lebih dari 4 tahun usianya.
Tentu saja dalam kurun waktu itu banyak kendala yang terjadi selama pemakain.

Disini saya ingin berbagi pengalaman dan cara saya mengatasi masalah pada motor saya saat sedang dalam perjalanan.

1. Pada saat kondisi hujan motor saya pernah mati tiba tiba, hilang kompresi dan susah dihidupkan. Lalu saya coba untuk cek cop businya karena bila cop busi dalam kondisi basah maka kelistrikan pada motor tidak akan berjalan sempurna. Dan benar saat itu cop busi saya basah kena rembesan air saat menerjang banjir. Akhirnya cop busi saya lepas dan saya keringkan dengan meniupnya, setelah kering dan dipasng kembali bisa nyala lagi

2 .Saat itu saya dalam keadaan riding dengan kecepatan 60 - 80 km/jam tiba tiba mesin motor saya mati dan hilang kompresi.Saya coba starter berkali kali tapi motor tidak mau nyala. Akhirnya karena capek saya istirahat dan menyalakan sebatang rokok kurang lebih 5 menit saya diamkan motor saya. Setelah itu saya coba lagi stater motor sambil memutar kunci kontak on - off ,alhamdulillah bisa nyala lagi.

 Kejadian ini saya ceritakan kepada teman saya yang mekanik AHAS dan penjelasannya yang paling masuk akal adalah bensin didalam tangki kecampur oleh air sehingga pengapian tidak bisa terjadi, air masuk ketangki saat motor kehujanan atau saat kita mencucinya .
Penyebab lainnya adalah pompa bahan bakar tersumbat oleh kotoran ini bisa terjadi kalau kita pernah beli bensin eceran di jalan .

Mudah mudahan cerita saya ini bermanfaat dan bisa membuat kita tidak panik saat motor cb150r kita tiba tiba mati dijalan.
close