JANGAN PANIK SAAT MOTOR CB150R ANDA MATI MENDADAK

PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MOTOR OLD CB150R 

Setiap motor pasti punya kelebihan dan kelemahan karena memang buatan manusia gak ada yang sempurna.
Kali ini saya mau cerita pengalaman pribadi dengan motor saya old cb150r . Karena background saya bukan orang mekanik jadi mungkin cerita saya ini pakai istilah orang awam.

Kalau melihat tahun pembuatannya di STNK motor saya diproduksi di tahun 2013 , jadi sudah lebih dari 4 tahun usianya.
Tentu saja dalam kurun waktu itu banyak kendala yang terjadi selama pemakain.

Disini saya ingin berbagi pengalaman dan cara saya mengatasi masalah pada motor saya saat sedang dalam perjalanan.

1. Pada saat kondisi hujan motor saya pernah mati tiba tiba, hilang kompresi dan susah dihidupkan. Lalu saya coba untuk cek cop businya karena bila cop busi dalam kondisi basah maka kelistrikan pada motor tidak akan berjalan sempurna. Dan benar saat itu cop busi saya basah kena rembesan air saat menerjang banjir. Akhirnya cop busi saya lepas dan saya keringkan dengan meniupnya, setelah kering dan dipasng kembali bisa nyala lagi

2 .Saat itu saya dalam keadaan riding dengan kecepatan 60 - 80 km/jam tiba tiba mesin motor saya mati dan hilang kompresi.Saya coba starter berkali kali tapi motor tidak mau nyala. Akhirnya karena capek saya istirahat dan menyalakan sebatang rokok kurang lebih 5 menit saya diamkan motor saya. Setelah itu saya coba lagi stater motor sambil memutar kunci kontak on - off ,alhamdulillah bisa nyala lagi.

 Kejadian ini saya ceritakan kepada teman saya yang mekanik AHAS dan penjelasannya yang paling masuk akal adalah bensin didalam tangki kecampur oleh air sehingga pengapian tidak bisa terjadi, air masuk ketangki saat motor kehujanan atau saat kita mencucinya .
Penyebab lainnya adalah pompa bahan bakar tersumbat oleh kotoran ini bisa terjadi kalau kita pernah beli bensin eceran di jalan .

Mudah mudahan cerita saya ini bermanfaat dan bisa membuat kita tidak panik saat motor cb150r kita tiba tiba mati dijalan.

7 comments:

  1. Kalo motor habis dipakai lalu besoknya ga nyala itu knapa ya om??

    ReplyDelete
  2. Ini motor emg bikin khawatir dan panik! Sesuai gak? Nyesel jual vixion kecewa pake cb150r old. Motor ane di starter gabisa, di engkol ngepost, keujanan gak, di cuci gak. Pernah jg lg ngebut 95km tiba2 mesin mati, bensin boros, posisi riding pegel. Enak vixion asli, kangen vixion. Tp apa boleh buat. Gue coment karena banyak jg yg kena penyakit dari si cb ini, banyak yg ngomong jg karena tanki bensin kemasukan air, orang mana sih yg mau nyampur bensin nya pake air hahaha tp kalo gue perhatiin, tutup tanki nya emg gak rapet2 banget, bensin aja masih bisa kecium saat posisi riding. Pokoknya malam ini gue kecewa dengan motor gue. Adakah penjelasan buat Coment gue?

    ReplyDelete
  3. tah gto kejadian sama mati mendadak d tengah jalan d setater gk bisa.aq coba dieumin ehhh nyala lg apa tuh kendalalnya

    ReplyDelete
  4. Mau menuju kantor dengan kecepatan 40km eh tiba" mesin padam... Wah ni motor CB150R baru setahun uda rewel... Apa motor lg malas jln y

    ReplyDelete
  5. Motor sy juga mengalami hal yang sama. Lagi jalan pas over gigi mesin malah mati. Pertanyaan saya "Penyebab secara pasti sebenarnya Apa? Terimakasih

    ReplyDelete
  6. Sama brp cb gw gitu juga tuh,gw perhatiin di setiap 900 meter mati sendiri nnti di idupin ya idup lagi kaya itu terus nih cb gw ahir ahir ini..tolong dong kasih solusinya bro..salam satu hati.

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan &; No SARA

SPONSOR

KCS STORE --> OLSHOPE RESMI KCS

OFFICIAL MERCHANDISE

Pages