Breaking News

EKSISTENSI ORGANISASI DAN LOYALITAS ANGGOTA


KOPDAR KOMUNITAS CB150R SURABAYA

Setiap hari sabtu kami berkumpul ,biasa dimulai pada pukul 20.00 WIB sampai jam 12.00 ( kondisional ).Pertemuan dihari sabtu itu kami sebut " KOPDAR " .
Istilah Kopdar ini banyak digunakan oleh komunitas motor di tanah air untuk menandai waktu mereka bertemu dan berkumpul dengan teman klubnya.

Tapi saya tidak akan membahas arti kopdar itu apa dan bagaimana bisa disebut Kopdar.
Yang ingin saya sampaikan disini adalah makna dan tujuan " KOPDAR ini untuk apa?"
Komunitas /klub butuh eksistensi,butuh pengakuan agar bisa dikatan klub itu ada atau hidup. Jika klub sudah tidak terlihat lagi eksistensinya maka bisa dikatakan klub itu sudah mati .



" KOPDAR " bisa menjaga Klub kami tetap "hidup" , selain untuk bersilaturahmi antar anggota ,di saat Kopdar kami bisa berkordinasi mengenai program kegiatan klub. Banyak hal yang bisa dilakukan saat kita berkumpul.

Dalam lingkungan kinerja organisasi klub, peran anggota sangatlah penting. Tanpa adanya partisipasi anggota ,maka organisasi tidak akan bisa menjalankan program kegiatannya dan klub tersebut tidak akan bisa bertahan lama.

" Untuk apa anda bergabung dengan suatu organisasi kalau hanya untuk jadi benalu "

Yang sering kali terjadi diklub motor adalah menurunnya semangat anggota dalam mensuport kegiatan klub. Kebanyakan dari mereka lebih suka melakukan kegiatan sendiri diluar program kegiatan klub, Lantas untuk apa bergabung di klub, apa motivasinya hanya mencari identitas agar diakui sebagai member klub tapi tidak pernah mensuport apapun ,maka itu sama halnya dengan " Benalu " yang hanya mengambil keuntungan dari inangnya saja tapi tidak pernah berkorban apapun untuk membesarkannya.

Semoga saja tidak ada anggota yang seperti itu di komunitas kita ,amin

close