Breaking News

Kopdar KCS ? Inilah rutinitasnya

Holla bro sis, setelah sekian lama komunitas ini berdiri masih banyak juga yang menanyakan apa saja sih isi rutinitas kopdar dari KCS itu sendiri yang diadakan tiap hari sabtu malam minggu sedari jam 20.00 WIB (Waktu Indonesia Bikers) - selesai. Weitss..tunggu dulu alangkah baiknya sebelum kita bahas lebih jauh apa sih pengertian 'kopdar' itu sendiri ? Kopdar adalah kependekan dari 'kopi darat' yang pertama kali dipopulerkan oleh ORARI (Organisasi Radio Amatir Indonesia) yang berarti bertemu atau bertatap muka secara langsung di sebuah tempat setelah sebelumnya mengenal dan berkomunikasi hanya melalui on air atau melalui media-media sosial.

Selain kopdar dapat mempererat silahturahmi juga dapat menyehatkan, 'lho kok bisa ?' Bisa menilik ke artikel kami sebelumnya 'Kopdar itu sehat' . Ok setelah mengulas pengertian kopdar serta manfaatnya kini kami akan membahas tentang isi rutinitas kopdar KCS itu sendiri yang bertempat di trotoar jalan raya darmo selatan taman bungkul bagian depan setelah pos polisi ini. Pada prinsipnya kopdar KCS dibagi menjadi 3 bagian yaitu Perjumpaan, Forum dan Penutup. Berikut uraiannya :

1. Perjumpaan
Dalam moment ini para peserta baik anggota, calon anggota (prospek) maupun calon prospek berdatangan dan kumpul untuk membaur berjabat tangan dan ngobrol bersama. Banyak hal yang masing masing perbincangkan pada umumnya mulai persoalan kehidupan keseharian, pembahasan tentang komunitas/club sodara, problematika motor tunggangan, persoalan lalulintas hingga persoalan-persoalan modifikasi dan upgrade mesin dan banyak hal hal lain seputar dunia bikers secara majemuk. Karena pada dasarnya para bikers ini memiliki latar belakang yang berbeda beda berkumpul tanpa adanya kesenjangan mulai dari mahasiswa, pegawai swasta dan PNS, wirausahawan hingga aparat. Disinilah kesempatan untuk lebih mengenal satu dengan lainnya lebih jauh untuk mewujudkan sistem persodaraan. Dalam kopdar KCS selalu para peserta diwajibkan untuk mengenakan sepatu - berpakaian rapi (seragam KCS jika ada atau baju/kaos hitam)* - mengenakan celana panjang. 
Selain itu juga para srikandi KCS (istri atau pacar anggota) juga turut dalam kopdar ini, seolah memang persodaraan ini hingga tingkat keluarga tak hanya anggota. Di KCS sendiri mewajibkan para anggotanya untuk meminta ijin atau sepengetahuan keluarganya masing-masing jika mereka tergabung dalam sebuah komunitas motor di KCS dengan transparansi mulai kegiatannya, agenda-agenda hingga manfatnya dalam kehidupan keseharan


2. Forum 
Sesi forum yang memang setiap kali kopdar diadakan adalah sesi puncak kopdar, biasanya terjadi antara jam 22.00 WIB setelah sesi santai dan perjuampaan. dalam sesi ini para anggota dapat bertanya langsung (interaksi dengan pengurus) terkait keanggotaan, komunitas hingga tips trik berkendara juga forum penginformasian kegiatan dan agenda yang akan berlangsung. anggota juga dapat menyampaikan saran dan kritiknya secara langsung melalui media forum ini sehingga tidak ada anggota yang bertanya atau menggerutu di belakang karena ketidak pahamnnya pada suatu hal khususnya di KCS ini, dan juga mengajarkan pada para anggota tentang arti demokrasi organisasi.

Sebelum acara forum ini dimulai seperti sebuah budaya yang mengakar selalu di mulai dengan berkumpul membaur menjadi satu lingkaran lalu berdoa bersama semoga kopdar saat itu membawa manfat, seanjutnya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. usai lagu indonesia raya selanjutnya adalah (jika ada) perkenalan para calon prospek yang baru bergabung pertama kali pada malam tersebut mulai nama - pekerjaan - alamat rumah - tahu KCS dari mana - hingga motivasinya untuk bergabung ke KCS itu apa.


3. Penutup
Sesi penutup adalah setelah seluruh rangkaian acara kopdar selesai, biasanya dalam sesi ini mengadakan rolling city sebagai pelatihan mini touring juga bagi para calon anggota atau prospek juga para anggota mengitari ruas jalan di surabaya. selain sebagai sarana pelatihan mengenal sinyal touring dan berkendara beriringan yang baik dan benar juga berlatih  agar menjadi pengendara yang mengutamakan safety riding, selain itu tidak kalah serunya adalah ketika melewati area tongkrongan atau kopdar komunitas/club motor lain adalah saling menyapa dengan bunyi klakson dan acungan jempol seolah-olah menambah keasikan dan persodaraan antar komunitas/club motor lainnya. 



KCS #093
close