Breaking News

MENYAMBUT RAMADHAN DENGAN TOURING RELIGI ALA KCS

KCS - Tak terasa bulan suci ramadhan akan segera tiba segala persiapan masyarakat untuk menyambutnya terlihat jelas mulai dari persiapan secara meteri hingga persiapan secara spiritual. Persiapan secara materi dapat terlihat dengan sudah dimulainnya beberapa pedagang makanan dadakan khas buka puasa, ibu-ibu rumah tangga sudah mulai berbelanja kebutuhan bahan makanan untuk berbuka dan sahur. Sedangkan persiapan spiritual dapat tercermin dengan salah satunya ziarah ke makam almarhum/ah sanak famili hingga ziarah ke makam para wali Allah atau seseorang yang dianggap lebih dekat sang pencipta dengan segala karomahnya seperti sunan atau wali.

Pada kesempatan ini Komunitas CB150R Surabaya mengadakan ziarah ke makam-makam sunan yang berada di wilayah jawa timur dengan rute dan tujuan sunan Bungkul (Surabaya), sunan Ampel (Surabaya), Sunan Giri (Gresik), Sunan Bonang (Tuban), Sunan Drajat (Lamongan) serta Syekh Maulana Malik Ibrahim (Gresik). yang diberi tajuk "Touring Religi - Perjalanan spiritual menyambut bulan suci ramadhan". Acara ini sendiri diadakan salah satu tujuannya adalah untuk mempertebal iman & taqwa anggota yang khususnya beragama muslim kepada Allah SWT.

Rombongan start berkumpul dari taman bungkul pada 14 Juni 2015 pukul 6.30 dengan tujuan awal ziarah adalah makam Ki Ageng Bungkul / sunan Bungkul yang terletak di komplek taman bungkul surabaya. Pengunjung sangat padat luar biasa oleh karena memang selain hari minggu terakhir di bulan syaban (kalender hijriah) juga dengar-dengar ada rombongan ibu walikota surabaya datang. setelah dari makam sunan Bungkul rombongan lanjut menuju makam sunan Ampel yang terletak di utara kota surabaya, rombongan datang pukul 8.30 lagi-lagi komplek makam sunan Ampel ini penuh sesak oleh pengunjung alih-alih rombongan touring dengan terpaksa duduk bersila di areal makam namun diluar pagar / gapura pesarehan beliau untuk membaca yasin & tahlil dan memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk beliau.

Pukul 9.45 rombongan lanjut menuju makam sunan Giri kebomas-Gresik dan lanjut setelahnya menuju makam Sunan Bonang Tuban kota. saat beranjak pergi dari komplek sunan Bonang rombongan KCS disambut dan ditemani sangat baik oleh sodara-sodara Honda Street Fire Tuban hingga dibantu diantarkan lewat jalur pesisir pantai utara kota Tuban untuk selanjutnya menuju makam sunan Drajat yang terletak di paciran kota Lamongan pukul 18.00. Selepas dari makam suanan Drajat rombongan istirahat sejenak untuk makan malam ditemani sodara dari Lamongan Streetfire. Perjalanan dilanjutkan pukul 19.15 menuju kota Gresik untuk menuju destinasi terakhir yaitu makam sunan Gresik atau Syeikh Maulana Malik Ibrahim berikut selanjutnya menuju surabaya untuk pulang.

Pelajaran yang didapat oleh peserta touring ini adalah maha besarnya Allah atas segala ciptaan dan mahluk-Nya untuk menambah iman serta taqwa, serta menelisik sejarah penyebaran agama Islam di indonesia khususnya di tanah Jawa Timur oleh wali-wali Allah. "Selain touring untuk menyalurkan hobi anggota juga dapat memetik hikmah berdasarkan nilai-nilai syariat agama" ujar Hari Suprianto penggagas ide sekaligus penasehat KCS.


touring religi KCS
touring religi KCS
touring religi KCS
touring religi KCS


KCS #093
close