Breaking News

Berbagi Ilmu Demi Keamanan dan Keselamatan Bersama

Kecelakaan bukan satu-satunya musibah yang mungkin terjadi di jalanan, kejahatan jalanan juga menjadi salah satu kemungkinan yang terjadi. Seperti halnya pagi ini tanggal 17 Juni 2015, istri dari salah satu member KCS mengalami musibah penjambretan, alhamdulillah hanya mengalami luka ringan. Namun hal ini akhirnya menjadi concern bahwa ilmu mengenai keselamatan dan keamanan di jalan bukan hanya menjadi hak untuk para bikers, tidak ada salahnya jika kita tidak hanya bisa mengaplikasikan namun juga bisa membaginya dengan orang-orang disekitar kita. Hal ini bisa dimulai dengan membagi ilmu tersebut dengan anggota keluarga kita.

Berikut beberapa hal yang bisa dibagikan untuk dilakukan demi menghindari terjadinya kejahatan dijalan antara lain :
I. Persiapan
Jelas semua orang tidak pernah berharap akan menjadi korban kejahatan, tapi yang namanya musibah tentunya tidak dapat kita duga datangnya. Persiapan yang mungkin bisa dilakukan adalah :
  1. Berdoa : Sebagai umat beragama tentunya kita menyadari bahwa apapun yg terjadi di kehidupan kita semua atas kehendak Tuhan YME, mk berdoa bisa menjadi awalan untuk menghindarkan kita dari segala kejadian buruk
  2. Barang Berharga : Tas, Handphone, Dompet sebagai barang-barang wajib dibawa juga menjadi barang berharga bagi setiap orang, cara mengamankannya adalah menutupi semua itu dengan jaket yang kita pakai, memasukkan nya ke dalam bagasi motor atau box bagi yang menggunakan box.
  3. Memiliki Alat Pembelaan Diri : Saat ini banyak lapak-lapak di mall yang menjual alat pembelaan diri yang dijual untuk umum. Mulai dr Stick, Stun Gun, ataupun Paper Spray. Tidak ada salahnya kalau kita bisa memiliki salah satu atau beberapa untuk membekali diri sendiri dan anggota keluarga dari kejahatan di jalanan. Namun tentunya sebelumnya kita harus benar-benar mengerti cara pemakaiannya. Dan simpanlah di tempat yang mudah diraih saat sewaktu-waktu perlu digunakan.
  4. Gunakan GPS Tracker : GPS tracker bisa membantu untuk berjaga-jaga apabila kita dengan terpaksa harus meninggalkan kendaraan kita untuk menyelamatkan diri dan mencari bantuan.
II. Saat Berkendara
Apakah setelah persiapan diatas kita lakukan sudah 100% membuat kita aman dari kejahatan jalanan?
Jawabnya, belum tentu. Karena kembali lagi banyak faktor yang menyebabkan kejahatan jalanan bisa terjadi. Lantas apa yang harus kita lakukan untuk mencegah dan atau mengatasi terjadinya kejahatan jalanan pada diri kita?
  1. Kenali Jalur Yang Akan Dilewati : Usahakan memilih jalur yang ramai dilewati, alasan waktu yg sempit sehingga mencari jalur yg sepi akan meningkatkan resiko terjadinya kejahatan, apalagi jika kita secara tidak sadar sudah diikuti oleh pelaku.
  2. Konsentrasi dan Kewaspadaan : Pentingnya konsentrasi dan kewaspadaan di jalanan selain untuk mengamankan diri dari kecelakaan juga memberikan kita kesempatan untuk menilai gejala-gejala terjadinya kejahatan semisal adanya orang yang mengikuti kita dalam tempo waktu yg terlalu lama dan atau jarak yg teratur.
  3. Usahakan Tidak Panik : Kepanikan sebenarnya adalah hal yang wajar bagi orang yang sedang dalam keadaan tertekan, namun kepanikan justru akan menyusahkan kita untuk memilih solusi atas kondisi yang kita hadapi. Jadi sekali lagi berusahalah untuk tidak panik.
  4. Show Your Skill : Jadi harus pamer selama di jalanan? Bukan itu yg dimaksud disini. Kelancaran dan kemahiran kita dalam berkendara juga menjadi pertimbangan dari pelaku kejahatan. Biasanya mereka mengincar sasaran yang dinilai lemah, jadi tidak ada salahnya jika kita menambah kecepatan secara wajar saat jalanan dirasa lumayan lengang untuk menunjukkan bahwa kita cukup mahir berkendara sehingga melepaskan kita dari bidikan pelaku kejahatan.
  5. Mintalah Tolong. : Apabila sudah merasa ada orang yang mengikuti kita tidak ada salahnya kalau kita meminta pertolongan. Apabila selama jalur yang kita lewati tidak ada kantor polisi atau pos polisi maka carilah tempat yang memiliki kamera keamanan, biasanya di minimarket yang buka 24 jam.
III. Apabila Terlanjur Terjadi
Apabila terlanjur terjadi tindak kejahatan maka 1 prinsip yang perlu diingat, "Prioritaskan Keselamatan Diri". Usahakan untuk tidak panik agar dapat berpikir jernih dalam kondisi darurat seperti itu, cari kesempatan untuk menyelamatkan diri apabila memungkinkan. Apabila dirasa tidak memungkinkan maka berikan saja barang berharga yang diminta pelaku karena seberapa berharganya pun tas, handphone atau dompet beserta isinya tidak lebih berharga dari kesehatan dan keselamatan anda.
"Keep your awareness and safety on the road"


KCS#121
Pict : google.com
 
close