Breaking News

KOPDAR ITU SEHAT

Para Bikers dan Ladies Bikers,  KOPDAR yuk... Karena Kopdar baik untuk kesehatan.

Entah sejak kapan istilah KOPDAR atau KOPI DARAT atau kumpul bareng muncul. Tapi kalau saya perkirakan sudah muncul ketika para "breaker" atau para orang-orang yang suka "ngebrik" yang tergabung dalam organisasi ORARI (kayaknya tahun 1970-an), atau ada yang pake pesawat radio CB atau 2 meteran juga pake perangkat ngebrik yang pake narik kabel segala lewat atap, lewat pohon, lewat tembok tinggi, mulai marak mengisi udara Indonesia.

Dari Dumay alias "Dunia maya" semacam itulah yang kemudian mengakibatkan satu dan lainnya punya perasaan ingin bertemu secara face to face (tatap muka) , kalau suara mungkin sudah hafal banget. Dari kebiasaan itu akhirnya juga muncul istilah Kopdar.
Waktu jaman itu terbayang serunya kalau mau kopdar, karena yang dikenal suara saja, kalau tidak tanya-tanya tentang postur tubuh atau fisik badan tidak akan tau, tinggi atau pendek, warna kulit, dll.

Saya pernah mengalami betapa asyiknya kopdar setelah sebelumnya hanya ketemu di dumay (friendster, facebook, mig33, flixter, dsb). Masih pada jaman itu juga biasanya sebelum kopdar supaya nanti ketika di TKP nggak salah orang, biasanya dibuat kesepakatan, misalnya masing - masing memakai sesuatu sebagai ciri sehingga mudah terlihat/dikenali, misalnya pakai topi yang dibalik, pakai kaos/baju dengan warna yang sudah disepakati malah tempat berdiri/posisi juga sudah ditentukan dll.
Mas Bro n Mbak Sist.... Kopdar... kopdar...!!

Sekarang kita ngomongin Kopdar komunitas motor saja yuk..
Nah, bagaimana kalau jaman sekarang ? walah... selain suara, raut wajah, hobby dan pokoknya semua tentang diri kita sudah bisa diketahui sebelum kopdar. Dengan banyaknya jenis media sosial  via email, FB, Tweeter, dan jenis - jenis Chating ataupun tukar menukar photo di internet. jadi kalau kopdar pertama nggak akan keliru atau jadi ajang tebak - tebakan, kecuali tidak pernah secuilpun tampil photo kita di media yang saya sebut tadi. Tapi mustahil, jangankan photo kita sendiri, lagi makan  saja photonya diupload di FB saya yakin kalau sekarang semua komunitas motor mempunyai Group komunitas di fb, fanspage, blog.

Kalau tadi di atas saya coba mengulas asal usul kopdar kayaknya bisa kita simpulkan bahwa KOPDAR itu ajang kumpul kumpul saja yang hasil pembicaraannya tidak menjadi sebuah keputusan organisasi..setuju ?? Nah, sebagai anggota komunitas bermotor, tentu saja kopdar menjadi sesuatu yang sering ditunggu dan diharapkan. Biasanya dilakukan malam minggu.

Lantas, apa yang bagus dibicarakan di Kopdar selain kumpul trus bicara ngalor ngidul dan mejeng? barangkali kalau begini bagus ya ?

1. Membicarakan tentang komunitas itu sendiri.
  • Kepengurusan organisasi.
  • Masalah "jati diri organisasi". masalah perlengkapan khas organisasi (bikin jaket/rompi /kaos/seragam), tata tertib anggota, AD/ART dll
  • Membicarakan tentang anggota yang perlu dibicarakan/didiskusikan.

2. Membicarakan tentang Touring, Mengevaluasi kegiatan touring yang sudah dilaksanakan maupun merencanakan touring yang akan dilaksanakan dan ini mencakup semuanya.
3. Membicarakan tentang komunitas orang lain. Kalau ini bisa saja komunitas yang sama - sama suka motor sejenis atau bisa juga komunitas bermotor lainnya.
4. Membahas tentang motor, Modif,  keluhan, kekurangan, kelebihan, inovasi tentang motor tunggangan kita.
5. Selain hobi tentang motor, bisa juga mengajak anngota komunitas untuk melakukan hobi yang lain. Misal: futsal, olah raga, tenis, cornering, dll.
6. Selain ajang untuk kumpul-kumpul. Bisa dijadikan sbg ajang untuk penggalangan dana untuk bakti sosial membantu orang-orang yg membutuhkan.

Lantas,apa gunanya kopdar selain ketemu muka dan mengenal satu sama lainnya :
Banyak teman dan banyak saudara yang akan merasakan bahwa dunia itu lebih indah, kenikmatan lebih terasa, hati menjadi senang, fikiran jadi tenang, badanpun jadi sehat.

Satu KCS, seduluran sak lawase.
Keep Safety dan Keep Healthy.
Div.kesehatan KCS#177

close