Breaking News

ASAH SKILL CORNERING BERSAMA KOMUNITAS CB150R SURABAYA

Berawal dari sebuah rasa penasaran akan kekuatan tunggangan CB150R Strretfire dari kecepatan, akselerasi dan balancing namun dengan tidak megenyampingkan keselamatan pengendara lain dengan didukung kemampuan diri mengendarainya maka disepakati harus adanya pelatihan khusus anggota terhadap uji kemampuan ini secara aman, tepat dan tidak melanggar hukum lalu lintas (Undang-Undang no.22 tahun 2009) . Kami di KOMUNITAS CB150R SURABAYA (KCS) ingin membantu dan menjadi pelopor dalam keselamatan berlalu lintas dengan mengadakan pelatihan-pelatihan ini di sirkuit Kenjeran Park yang tentunya dengan harapan dapat diimplementasikan di jalan raya atas jiwa riding yang memiliki nilai positif ini.





KOMUNITAS CB150R SURABAYA (KCS) memiliki banyak kegiatan positif seperti pelatihan-pelatihan diantaranya cornering ini sendiri. pelatihan cornering ini sendiri diagendakan rutin setiap hari minggu pagi jam 08.00 - 14.00 di sirkuit kenjeran. peserta yang turut hadir dari anggota KCS terus bertambah seiring waktu dan manfaat nyata yang di dapat. Diharapkan tidak ada lagi anggota KCS yang kebut-kebutan di jalan raya sembari meliuk-liukkan motornya tanpa haluan semua harus melalui media yang benar, That's it.

Berkaca keadaan pada dasarnya setiap pengguna kendaraan bermotor manapun dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengendalikan kendaraan di jalan raya.jika setiap pengendara memiliki skill yg mumpuni dan mempunyai kemampuan dalam membaca situasi (keadaan di jalan raya) sikap safety riding dalam berkendara maka besar kemungkinan kecelakaan di jalan raya bisa di tekan semaksimal mungkin, Lebih jauh acara ini untuk meningkatkan skill berkendara para anggota khususnya. KCS mendukung kegiatan positif track day seperti ini, ini adalah bagian mengasah skill di jalan (selain touring tentunya) dengan mengelola dan melatih kemampuan berkendara, jadi semua orang mungkin bisa naik motor tapi apakah mampu mengendalikannya masih bayak pengendara roda dua yg belum mengerti dan memahami pentingnya arti dalam menjaga skill dan safety riding di jalan raya.

Kapanpun kita riding dan melewati belokan, kita sudah bisa dibilang cornering (walaupun memang identiknya sama mid dan hi speed, kalo slow biasa disebutnya turning). So, sebenernya semua rider ngelakuin ini, terlepas tekniknya sudah bagus atau masih asal belok.

Nah ini, *WARNING* "Buat kita yang pemula, jangan tergiur atau merasa terlalu pecaya diri mampu melibas tikungan dengan kecepatan tinggi. Disaat kita mulai menikung, lepaskan tuas rem dan berikan akselerasi secara bertahap dan perlahan lahan. Menambah kecepatan motor secara perlahan sepanjang tikungan akan membantu motor lebih stabil di tikungan. Jika anda melambatkan kendaraan selagi menikung, kestabilan motor bukannya lebih baik, justru memburuk dan menjadi sulit dikendalikan, bahkan bisa menyebabkan kita kehilangan grip ban belakang" ujar Bro Agus Hariono salah satu punggawa & pentolan KCS.


Disini...brosist bedakan dulu antara kegiatan balap liar dengan hobby cornering. Balap liar berarti adu kebut mencapai titik finish secepat-cepatnya..dan dilakukan di jalanan umum. Sementara…hobby cornering tidak mengejar garis finish, namun menikmati proses berbelok dengan menerapkan skill. Nah, jelas kan bedanya..!! Namun terkadang orang awam menyamaratakan antara kegiatan balap liar dan hobby cornering nyaris 11-12 pendeskripsian antara club motor dengan geng motor. Sayang sekali ya ?

ayo siapa lagi yang ingin gabung ?





KCS cornering winner

close