Breaking News

Cek Busi di Motor Injeksi, Pastikan Lubang Busi Ditutup Pakai Busi Lain

Tanpa ditutup, bensin keluar dari ruang bakar
Ada kalanya pekerjaan perawatan sepeda motor tidak selamanya kita serahkan ke bengkel. Ada beberapa pekerjaan perawatan yang bisa kita lakukan sendiri.

Salah satunya mengecek kondisi busi. Tapi, motor saat ini yang sebagian besar sudah dilengkapi dengan sistem bahan bakar injeksi, tidak bisa kita berlakukan sama seperti motor konvensional alias karburator.

“Dalam mengecek busi motor injeksi tidak bisa kita perlakukan sama dengan motor karbu,” buka Reza dari AMTC Semarang, Jawa Tengah. Karena bisa sebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan.

Itu karena di motor jenis injeksi, pemasukan bahan bakar tidak lagi berdasarkan kevakuman di ruang bakar. Tapi, bahan bakar masuk ke ruang bakar berdasarkan semprotan dari injector. Sehingga, meskipun tak ada kevakuman di ruang bakar, bahan bakar akan tetap disemprotkan ke ruang bakar.
Tutup lubang busi pakai busi lain. Selain itu, lebih safety
“Menjadi masalah jika saat kita mengecek busi motor injeksi dan disitu ada juga bahan bakar dari ruang bakar yang keluar melalui lubang busi. Akibatnya, akan terbakar dan menghasilkan ledakan jika ada percikan busi,” jelasnya.

Jika kita akan melakukan pengecekan pada busi motor injeksi, untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan terlebih dahulu kita harus menutup lubang busi dengan busi lain. Tujuannya agar bahan bakar yang disemprotkan tidak bisa keluar dan bersinggungan dengan percikan api dari busi.

Safety first ya!
close