Breaking News

Jangan Lupa Hal Berikut Saat Touring

Merencanakan touring bersama teman-teman komunitas/klub memang sangat menyenangkan. Memori selama perjalanan, tempat yang baru, dan bertemu orang baru biasanya menjadi alasan seseorang untuk touring sepeda motor. Tapi sejauh manakah persiapan kamu untuk touring sepeda motor? Jangan sampai keceriaan saat touring justru malah berubah menjadi kesengsaraan karena kurang persiapan.
Yup, persiapan. Mungkin kata inilah yang paling vital pada saat melakukan perjalanan touring. Bukan hanya kesehatan fisik dan mental, persiapan teknis pun harus diperhitungkan. Kadang-kadang hal sepele bisa jadi masalah besar lho saat di perjalanan.
Nah, yuk kita simak hal apa saja sih yang seringkali kita anggap remeh tapi penting dibawa saat perjalanan touring :
  • Sebagian besar sepeda motor memang dilengkapi dengan toolkit. Setidaknya, jika toolkit bawaan pabrik hilang, bawalah tang, pemotong kawat, dan berbagai macam kunci umum yang sering digunakan pada sepeda motor. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mengambil kembali perlengkapan toolkit Anda jika dipinjam oleh orang lain, karena biasanya hal inilah yang akan dibutuhkan saat motor rewel.
  • Bawalah sekering tambahan, lampu, busi, dan minyak rantai karena beberapa hal itu bisa membuat perbedaan besar saat melakukan perjalanan touring. Sepele mungkin, tapi menyediakan minyak rantai saat touring di cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini sangat mungkin membuat rantai sepeda motor kering dan rawan putus.
  • Senter. Ini juga salah satu perlengkapan kecil yang seringkali kita lupakan saat touring. Padahal senter cukup berperan lho sebagai sumber cahaya ketika motor Anda mogok di tengah jalan yang gelap.
  • Jangan lupa sediakan juga lakban. Kegagalan mekanik saat memperbaiki motor bisa saja terjadi secara tiba-tiba. Nah, lakban terkadang bisa membantu merekatkan plastic parts, kabel-kabel, atau hal teknis lainnya yang berpotensi menyebabkan motor mogok.
  • Terakhir, hal penting yang harus dibawa saat touring adalah kotak P3K. Bukan cuma mobil, kendaraan roda dua juga perlu dilengkapi dengan P3K. Tidak menutup kemungkinan bukan pergelangan kaki Anda terbakar knalpot, pegal-pegal, masuk angin, dan sebagainya menhampiri Anda saat touring. Disitulah peran kotak P3K dibutuhkan.
Itu dia beberapa hal sederhana yang sering kita lupakan saat memulai perjalanan touring. Ingat, perjalanan touring yang menyenangkan adalah perjalanan yang dipersiapkan dengan matang dan tidak melupakan hal-hal sepele seperti di atas. Keep safety riding.

Sumber artikel : mpm
close