Breaking News

TOPIK TANYA JAWAB : Motor Harus Dibawa ke Gunung Dulu Biar Tak Loyo?

Jakarta - Hallo detikOto, saya mau bertanya bagaimana cara merawat motor yang benar saat masih dalam kondisi inreyen. Kata teman saya, motor harus dibawa naik gunung terlebih dulu agar tidak loyo. Apa betul? Apa ada manfaatnya?

Terima kasih, Eido Jawa, Timur






Jawaban:

Menurut saya tidak ada saran khusus dalam inreyen motor, memang banyak artikel tentang inreyen motor sampai dibawa ke Puncak, hal ini dilakukan supaya kelak tenaga motor lebih keluar.

Tapi sebaiknya selama belum servis pertama dan ganti oli, motor jangan digeber-geber kelewat batas apalagi pada posisi motor diam/berhenti.

Ini bertujuan agar lapisan film oil terbentuk dengan kuat dahulu terutama di dinding silinder, juga bagian part yang bergesekan lainnya.

Setelah servis pertama atau kira-kira 400-600 KM atau 2 bulan, silakan motor dipakai dengan RPM yang lebih tinggi.

Penggunaan kecepatan juga perlu disesuaikan dengan petunjuk di panel speedometer. Contoh untuk motor bebek, pada gigi 1 maks kecepatan 40km/jam, lalu harus dioper ke gigi 2 maksimal kecepatan 60 km/jam dan seterusnya.

Dalam menarik slongsong gas pun disarankan tidak terburu-buru, baiknya secara perlahan agar komponen penggerak juga lebih awet masa pakainya. Demikian, semoga bermanfaat.

Salam

Andriyanto-Bintang Motor
close