Breaking News

Tips Mengendarai Sepeda Motor di Jalanan Perkotaan

Jalanan perkotaan bisa menjadi salah satu zona paling sulit dan berbahaya bagi pengendara sepeda motor. Pasalnya, populasi pengguna jalan di perkotaan sangatlah besar mulai dari segi varian kendaraan dan karakteristik pengendaranya.
Terkadang sebagai rider, dengan kondisi jalanan yang saat ini semakin sesak seringkali membuat pengendara sepeda motor terpancing emosi. Imbasnya, jalanan di perkotaan kini tak lagi aman dan bahkan seringkali merenggut banyak korban.
Nah, berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang patut diketahui bagi Anda pengguna sepeda motor, khususnya di jalanan perkotaan :
  1. Upayakan untuk mengendarai sepeda motor dalam posisi gigi yang responsif. Kebanyakan pengendara sepeda motor cenderung menggunakan gigi yang lebih tinggi supaya laju motor tidak terlalu responsif. Tapi hal ini berarti Anda tidak memiliki respon throttle yang cukup yang dibutuhkan untuk menyusul kendaran lain saat menyusul.
     
  2. Jangan biasakan tangan atau jari selalu berada pada pedal rem. Ini mungkin terlihat aneh, tapi dengan tidak selalu membiasakan tangan atau kaki pada pedal rem dapet membantu Anda dari pengereman panik yang justru vital bagi keselamatan saat berkendara.

  3. Selalu waspada terhadap pejalan kaki dan mobil yang diparkir. Tips lain yang mungkin nampak aneh bagi Anda. Tapi mengawasi mobil yang sedang diparkir bisa memberikan Anda waktu sepersekian detik apabila ada pejalan kaki yang melangkah keluar sembarangan.

  4. Kontrol emosi saat jalanan perkotaan menjadi macet. Pada saat kondisi macet biasanya emosi pengendara sepeda motor meningkat karena stress. Mengambil hak pengguna jalan yang lain, tidak mau mengalah, tidak sabar, dan sebagainya biasanya menjadi penyebab emosi meningkat. Hal ini cukup berbahaya karena jika emosi meningkat maka kewaspadaan di jalanan semakin rendah.
     
  5. Pahami & hormati karakteristik pengguna jalan yang lain. Ini maksudnya adalah sebagai smart biker Anda harus bisa mamahami bahwa setiap pengguna jalan tidak selalu memiliki pengetahuan yang sama soal keselamatan saat di jalan raya. Oleh sebab itu, jika ada pengendara sepeda motor atau mobil yang ugal-ugalan, ada baiknya Anda menghindar dan tidak perlu meladeni apalagi membalas perilaku mereka.
close