Breaking News

Honda CB150R, Sentuhan Ringan Tembus 158 Km/Jam

Sebelumnya pihak PT Astra Honda Motor (AHM) sudah berjanji akan menggelar satu kelas balap lagi tahun ini, akhirnya janji itu terjawab di gelaran IndoSpeed Race Series (IRS) seri perdana di Sirkuit Sentul, Jabar (31/03). Sekitar 16 motor saling bertarung di kelas One Make Race CB150R untuk merebut posisi terdepan.

Karena kelas ini mendapat support penuh oleh PT AHM, jadi pembalap enggak perlu repot bangun motor. Tinggal daftar, bayar dan bejek gas karena motor sudah disiapkan. Asyik kan! Namun namanya balap perlu ada beberapa ubahan yang disesuaikan agar motor tetap layak diajak adu kencang.

Rumah modifikasi sekaligus tim balap Oei Racing yang kebagian menggarap 25 motor Honda CB150R ini. “Iya, kita yang mengerjakan 25 motor ini, tapi yang dipakai balap cuma 16 motor di seri pertama, sisanya untuk motor cadangan,” kata Ergus Oei, manager tim balap Oei Racing.
 Umumnya motor yang diajak balap, bagian mesin jadi salah satu ubahan utama. Tapi tidak dengan CB150 ini, mesin tetap dibiarkan standar, bahkan komposisi final gear yang dipakai juga tetap mengandalkan standar.

“Cuma ganti knalpot racing dan menambah piggyback agar pasokan bensin bisa diperkaya. Kita bikin ada 3 mode pilhan, tapi untuk di Sentul ini pakai yang mode 1, kenaikannya tidak banyak,” terang Ergus yang menggunakan piggyback Two Brother Juice Box dari Amerika. Sedang knalpot yang dipakai adalah jenis full system dari Jepang berlabel Over Racing.

Alhasil hanya dengan penggantian beberapa komponen di atas, performa yang dihasilkan cukup jauh dibanding kondisi standar. OTOMOTIFNET.COM pernah mencoba di trek lurus Sentul hanya sanggup 130 km/jam dalam kondisi standar.
 Tapi motor yang sudah diberi racikan ringan ini lumayan ngacir. “Saat melaju sendirian bisa sampai 148 km/jam, tapi pas lagi ikut rombongan bisa sampai 158 km/jam,” yakin Tommy Salim, pembalap dari Honda TDJ Racing Team yang berhasil menjuarai seri perdana balap ini. Jelas saja ikut rombongan dengan teknik curi angin, hambatan udara bisa dikurangi.

Tidak luput unsur safety ikut disematkan, seperti aplikasi footstep racing, juga engine slider agar mesin tetap terlindungi saat terjatuh. Selanjutnya ada penggantian selang rem menggunakan tipe braided steel keluaran Hel.

Lainnya? Standar saja!
 
Data Modifikasi:
Piggyback: Two Brothers Juice Box
Selang Rem: Hel
Knalpot: Over Racing
Sok belakang: Standar
Ban Depan : FDR  MP57 90/80-17
Ban Belakang : FDR Sport XR 120/80-17
Sumber Artikel :  otomotifnet.com
close