Breaking News

Tips Melibas Tanjakan dan Turunan Saat Touring

Touring bersama rekan-rekan klub/komunitas memang salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi penikmat roda dua. Kebersamaan, melintasi daerah-daerah baru, dan hasrat untuk “menaklukkan jalanan” biasanya menjadi kepuasan bagi mereka yang doyan touring atau dalam istilah lain sering disebut “touring addict”.
Tapi jangan salah, melakukan touring dengan sepeda motor bukan saja soal persiapan dan kesiapan si kuda besi, melainkan juga skill/keterampilan rider-nya. Tak jarang kita akan menemui jalur jalan menanjak atau menurun yang justru menuntut kewaspadaan , keterampilan, dan juga kesabaran.
Nah, yuk kita simak beberapa tips berikut yang akan berguna ketika melewati jalanan tanjakan atau turunan saat melakukan touring :

Tanjakan
Gunakan kecepatan normal saat melaju di jalanan yang menanjak. Sesuaikan gear/gigi dengan kondisi tanjakan yang dilintasi. Semakin tinggi tanjakan, sebaiknya gunakan gear/gigi motor di posisi rendah.
Gunakan kaki kanan sebagai pijakan ketika Anda berhenti. Tarik tuas rem depan dan pindahkan gear ke gigi satu supaya kendaraan tidak bergerak turun/naik. Upayakan untuk menggunakan rem belakang saat melewati tanjakan untuk menahan gaya dorong kendaraan ke belakang. 
Waspada jika Anda berada di belakang kendaraan berukuran besar seperti truk atau bus. Dengan posisi di belakang biasanya visibilitas kita melihat kondisi jalan akan terganggu. Oleh sebab itu, posisikan motor di sebelah kanan dan jangan terlalu dekat di belakang. Hal ini untuk meminimalisir potensi kendaraan besar itu tidak kuat menanjak dan menurun kembali ketika Anda di belakangnya. 
Turunan
Sama seperti ketika Anda melintasi jalur tanjakan, ada baiknya menggunakan kecepatan normal ketika melewati turunan. Atau Anda juga bisa menurunkan posisi gear ke gigi yang lebih rendah untuk menimbulkan efek “engine break”.
Fungsikan lebih banyak rem depan daripada rem belakang pada saat melewati turunan untuk menahan gaya dorong kendaraan ke depan. Gunakan kaki kanan sebagai penopang ketiga Anda hendak berhenti.


Nah, itu dia beberapa tips saat melewati jalur tanjakan atau turunan pada saat touring. Jangan lupa untuk melengkapi diri dengan safety gear sebelum Anda memulai touring, dan tetap hormati pengguna jalan yang lain saat berkendara.
close